
Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan adalah data guru yang berasal dari hasil sinkronisasi aplikasi Dapodik sekolah masing-masing. Ini merupakan tugas baru rekan-rekan Operator Sekolah di tahun pelajaran 2017/2018 untuk mengisi data kehadiran guru / absensi guru secara online yang terdiri dari beberapa keterangan kehadiran diantaranya: Hadir, Bolos, Kosong, Izin/Cuti, Tugas Luar, Sakit, Libur, Minggu.
Bukan bermaksud untuk menggurui atau mendahului pihak berwenang, berikut kami infokan cara menggunakan aplikasi Data kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan :
Pertama, Login/masuk ke halaman http://223.27.144.195:2017/ atau http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id
![]() |
Gambar 1 |
Kedua, Setelah tampil gambar 1 berikut, masukkan,NPSN, user dan password sesuai dapodik lalu masukkan kode yang tertulis, kemudian klik login
![]() |
Gambar 2 |
![]() |
Gambar 3 |
Keempat, Setelah tampil gambar 3 pilih,klik Menu Buat Daftar Hadir, maka akan tampil gambar seperti gambar 4, jika tidak tampil silakan klik tombol refesh
![]() |
Gambar 4 |
Ke enam, Pembuatan dapat menggunakan template kalender pendidikan yang ada (gambar 5) kemudian disesuaikan dengan kalender pendidikan sekolah, klik show Template
![]() |
Gambar 5 |
Ketujuh, Klik ok/warna biru jika ingin menggunakan, klik hapus/warna merah jika tidak ingin menggunakan, contoh : Klik ok Libur Nasional Kemerdekaan.Maka akan tampil sepeerti Gambar 6
![]() |
Gambar 6 |
Kedelapan, Kemudian cek sudah sesuaikah dengan kehadiran guru dan tenaga kependidikan/tendik. Untuk membuka tab guru dan tendik, klik salah satu guru/tendik. Maka akan tampil rincian absen guru/tendik yang bersangkutan (tanggal 17 Agustus berwarna biru sesuai dengan edit sebagai hari libur nasional), seperti gambar 7
![]() |
Gamabr 7 |
![]() |
Gambar 8 |
10. Maka akan tampil seperti gambar 9, isi alasan kemudian klik simpan
![]() |
Gambar 9 |
Referensi : Dari Berbagai Sumber
Ditulis Kembali Oleh aa Fajar (Praktisi PAUD)
DATA HADIR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, BERIKUT CARA MENGGUNAKANNYA
Reviewed by AA FAJAR
on
8:57 PM
Rating:

No comments: