Bahasa inggris
merupakan kemampuan yang tidak boleh di abaikan pada masa persaingan seperti
sekarang ini. Banyak orang tua yang ingin anak nya dapat menguasai bahasa
internasional tersebut, dan tidak sedikit juga orang tua yang ingin mulai mengenalkan nya sejak usia dini. Dan tidak sedikit juga
sekolah untuk anak usia dini (TK) yang kurikulum nya terdapat kegiatan
pengenalan bahasa inggris, seperti Sekolah TK Islam, Alam dan Sains Aljannah di daerah Pondok Ranggon Jakarta Timur.
Mengenalkan anak
usia dini bahasa inggris tidak lah mudah, bukan hanya bahasa inggris akan
tetapi hal – hal lainnya pun juga tidak mudah. Mengenalkan bahasa inggris pada
anak usia dini mempunyai cara yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan anak
di atas usia dini. Pengenalan bahasa inggris pada anak usia dini hanya dasar – dasar nya saja
dan cara memperkenalkannya pun dengan cara yang menyenangkan yaitu melalui
bermain atau bernyanyi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ketika anak dalam
keadaan senang dengan bermain atau bernyanyi keadaan otak anak sedang tenang,
sehingga materi yang dikenalkan bisa masuk dan tertanam baik dalam otak mereka.
Pengenalan bahasa
inggris melalui bermain dan bernyanyi ini lah yang dilakukan sekolah TK Islam,
Alam dan Sains Al Jannah pada program English Day. Selain itu guru juga
membiasakan menggunakan bahasa inggris pada kegiatan – kegiatan tertentu setiap harinya,
seperti ketika mau berdoa, atau ketika mau makan. Materi yang dikenalkan adalah hal – hal yang sangat
dasar, misal huruf abjad, angka, buah – buahan, warna, binatang dan percakapan
sederahana seperti good morning,how are you,dll.
Mengenalkan
bahasa inggris sejak usia dini lebih baik dari pada ketika sudah lewat masa
kanak – kanak. Apa bila telah lewat masa kanak – kanak akan banyak kendala yang
dihadapai sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal. Seorang ahli Bahasa Inggris, Lenneberg (1967:116) mengatakan , “there
was a neurologically based “critical period”, which complete mastery of
language, but it is no longer possible, because it will end around the onset of
puberty”. Menurut Lenneberg, seorang individu mempunyai masa penting
(periode sensitif) untuk dapat dengan mudah dan cepat menguasai bahasa, yang
disebut dengan “critical period” yaitu pada saat individu tersebut belum
memasuki masa pubertas. Ketika masa pubertas itu datang maka “critical period”
memudar sehingga akan mengalami kesulitan untuk menguasai Bahasa asing
tersebut..
Berdasarkan hal
tersebut maka pengenalan bahasa inggris untuk anak usia dini di TK Islam, Alam
dan Sains Al Jannah secara umum memiliiki tujuaan, yaitu :
- memfasilitasi pengenalan bahasa asing yang aman, bersifat menghibur, kreatif dan mendidik.
- Menstimulus rasa percaya diri anak dalam berbahasa inggris
- Menumbuhkan sikap pembelajar bahasa Inggris untuk jangka panjang
Harapannya semoga kelak pengenalan
bahasa inggris yang telah mereka peroleh sejak usia dini, baik melalui English day
maupun percakapan sederhana harian, dapat menjadi pondasi kuat ketika mereka
kembali mempelajari bahasa inggris pada jenjang pendidikan selanjutnya yaitu
Sekolah Dasar. Sehingga mereka tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat menguasai bahasa internasional tersebut.
Wallohu’alam
MENGENAL BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI
Reviewed by AA FAJAR
on
7:56 AM
Rating:

No comments: