ads

MENGENAL BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI

ads



Bahasa inggris merupakan kemampuan yang tidak boleh di abaikan pada masa persaingan seperti sekarang ini. Banyak orang tua yang ingin anak nya dapat menguasai bahasa internasional tersebut, dan tidak sedikit juga orang tua yang ingin mulai mengenalkan nya  sejak usia dini. Dan tidak sedikit juga sekolah untuk anak usia dini (TK) yang kurikulum nya terdapat kegiatan pengenalan bahasa inggris, seperti Sekolah TK Islam, Alam dan Sains Aljannah di daerah Pondok Ranggon Jakarta Timur.

Mengenalkan anak usia dini bahasa inggris tidak lah mudah, bukan hanya bahasa inggris akan tetapi hal – hal lainnya pun juga tidak mudah. Mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini mempunyai cara yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan anak di atas usia dini. Pengenalan bahasa inggris pada anak usia dini hanya dasar – dasar nya saja dan cara memperkenalkannya pun dengan cara yang menyenangkan yaitu melalui bermain atau bernyanyi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ketika anak dalam keadaan senang dengan bermain atau bernyanyi keadaan otak anak sedang tenang, sehingga materi yang dikenalkan bisa masuk dan tertanam baik dalam otak mereka.

Pengenalan bahasa inggris melalui bermain dan bernyanyi ini lah yang dilakukan sekolah TK Islam, Alam dan Sains Al Jannah pada program English Day. Selain itu guru juga membiasakan menggunakan bahasa inggris pada kegiatan – kegiatan tertentu setiap harinya, seperti ketika mau berdoa, atau ketika mau makan. Materi yang dikenalkan adalah hal – hal yang sangat dasar, misal huruf abjad, angka, buah – buahan, warna, binatang dan percakapan sederahana seperti good morning,how are you,dll.




Mengenalkan bahasa inggris sejak usia dini lebih baik dari pada ketika sudah lewat masa kanak – kanak. Apa bila telah lewat masa kanak – kanak akan banyak kendala yang dihadapai sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal. Seorang ahli Bahasa Inggris, Lenneberg (1967:116) mengatakan , “there was a neurologically based “critical period”, which complete mastery of language, but it is no longer possible, because it will end around the onset of puberty”. Menurut Lenneberg, seorang individu mempunyai masa penting (periode sensitif) untuk dapat dengan mudah dan cepat menguasai bahasa, yang disebut dengan “critical period” yaitu pada saat  individu tersebut belum memasuki masa pubertas. Ketika masa pubertas itu datang maka “critical period” memudar sehingga akan mengalami kesulitan untuk menguasai Bahasa asing tersebut..

Berdasarkan hal tersebut maka pengenalan bahasa inggris untuk anak usia dini di TK Islam, Alam dan Sains Al Jannah secara umum memiliiki tujuaan, yaitu :

  1. memfasilitasi pengenalan bahasa asing yang aman, bersifat menghibur, kreatif dan mendidik.
  2. Menstimulus rasa percaya diri anak dalam berbahasa inggris
  3. Menumbuhkan sikap pembelajar bahasa Inggris untuk jangka panjang


Harapannya semoga kelak pengenalan bahasa inggris yang telah mereka peroleh sejak usia dini, baik melalui English day maupun percakapan sederhana harian, dapat menjadi pondasi kuat ketika mereka kembali mempelajari bahasa inggris pada jenjang pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar. Sehingga mereka tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat menguasai bahasa internasional tersebut. Wallohu’alam


MENGENAL BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI MENGENAL BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI Reviewed by AA FAJAR on 7:56 AM Rating: 5

No comments: