ads
ads

PELATIHAN PIJAT REFLEKSI RELEKSASI REDTIPNA











Pijat Refleksi, semua kalangan mengenal akrab terapi kesehatan yang satu ini. Sebuah teknik terapi dengan cara memijat, mengusap, mengurut, memanaskan atau menusuk pada area kaki tersebut sudah ada sejak Sebelum Masehi.  Dan saat ini terapi pijat refleksi telah berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Terapi pijat ini pun menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi gangguan kesehatan pada manusia.

Pada hari Sabtu,17 Desember 2016 Relawan Dakwah Thibbun Nabawi dan Pengobat Tradisional (REDTIPNA) mengadakan pelatihan Pijat Refleksi Relaksasi. Dengan semangat menuntut ilmu serta semangat dakwah para peserta pelatihan yang merupakan praktisi Thibbun Nabawi memenuhi shaf Masjid Pondok Pesantren Almarhamah, Mustika Jaya Bekasi Timur.



Terapi pijat yang memiliki manfaat melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan, merangsang produksi hormon endorfin, mengurangi stres, menyingkirkan toksin tersebut di sampaikan oleh Octra Fardianantya dari Rumah Terapi Sinergy Healty Care Karanganyar Solo.

Octra Fardianantya mengenalkan pijat refleksi relaksasi sangat detail, mulai dari Sejarah pijat refleksi, 5 teknik pijat dasar, prinsip pemijatan refleksi, titik - titik refleksi, teknik rangsang, peralatan pendukung hingga praktek pijat. Tidak tertinggalan Perilaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS) dan Keselamatan Kesehatan Kerja ( K3)  pun beliau sampaikan dengan lugas.

Di sela - sela acara tersebut juga diadakan pembentukan pengurus Relawan Dakwah Thibbun Nabawi dan Pengobat Tradisional ( REDTIPNA) yang di bimbing langsung oleh bapak purwanto selaku penggagas REDTIPNA. Pria yang akrab di sapa Gus Pur tersebut menekankan pentingnya menjadikan terapi pengobatan tradisional seperti pijat refleksi, terutama Thibbun Nabawi untuk di gunakan sebagai sarana berdakwah.

Pelatihan Pijat Refleksi Releksasi yang  berlangsung selama 8 jam tersebut yang di akhiri dengan kegiatan praktek di dukung oleh Tazakka, distributor herbal terkemuka dari karanganyar solo.





URUTAN PIJAT REFLEKSI

Berikut urutan atau tahapan pemijatan refleksi releksasai yang di ajarkan oada pelatihan tersebut :

Pertama, merendam kaki klien menggunakan air hangat  atau air garam selama 10 menit

Kedua, setelah di rendam keringkan kaki klien dengan handuk bersih lalu semprot dengan alkohol

Ketiga, lakukan peregangan pada kaki klien dengan melakukan 5 teknik pijat dasar (mengusap, meremas, menekan, menggetar dan memukul)

Ke empat, pijat dengan titik pembuka yaitu titik nomor 1,3,4,5, 53,54,55,56,57 dan 58)

Ke lima, lakukan pemijatan pada titik wajib, yaitu detoksifikasi (34,22,23,24,51,27,28,29,30,31,32,52), titik syaraf dan metabolisme (12,13), titik pencernaan (15,16,17,18,19 dan 25), titik releksasi (2, 20), titik suplemen (21)

Ke enam, lakukan pemijatan pada titik keluhan

Ke tujuh, lakukan pemijatan pada titik penutup (39,40,41)

Ke delapan, lakukan pemijatan pendinginan dengan 5 teknik pijat dasar.



VIDEO TITIK REFLEKSI







PELATIHAN PIJAT REFLEKSI RELEKSASI REDTIPNA PELATIHAN PIJAT REFLEKSI RELEKSASI REDTIPNA Reviewed by AA FAJAR on 7:03 PM Rating: 5

No comments:

ads