ads
ads

TERAPI GURAH


Gurah, info kesehatan yang penulis coba berbagi pada kesempatan kali ini. Alhamdulillah, pada hari minggu (17/1/2016) penulis dan teman - teman penulis di Syiar Bekam Indonesia (SBI) JABODETABEK mengadakan pelatihan gurah dengan trainer  Irfan A At takrani yang merupakan pendiri dan ketua SBI Pusat. Pada acara selama tujuh jam di gedung WAMMY Jakarta Selatan, yang dipandu (MC) oleh penulis sendiri, praktisi thibunnabawi yang berasal dari madiun tersebut mengupas tuntas tentang terapi gurah dihadapan 35 peserta.

Dokter dan Terapis Antusias 


Gurah, pada masa kini belum banyak masyarakat yang mengenal nya. Pengebotan tradisional ini hanya dikenal oleh kalangan tertentu seperti pesantren tradisional dan masyarakat yang menggeluti dunia olah vocal seperti musisi, presenter, sinden, dan qori.  Melalui kalangan pesantren lah gurah di perkenalkan hingga tersebar dikalangan masyarakat desa.

Gurah adalah terapi membersihkan dan mengeluarkan lendir kotor, beracun dan berinfeksi berbagai kuman penyakit dengan cara meneteskan ramuan khusus ke dalam lubang hidung. Terapi ini dikenal sebagai terapi untuk membuat suara menjadi bening, bersih, nyaring, dan merdu atau untuk meningkatkan kualitas suara.

Gurah pertama kali dikenal sekitar tahun 70, orang yang pertama kali mengenalkannya adalah KH.Marzuki dari desa Giriloyo, Jogjakarta. Desa yang dikenal dengan banyak pesantren inilah yang pada akhirnya mengenalkan ilmu pengobatan gurah pertama  kalinya.

Gurah tidak hanya melalui saluran pernapasan saja, namun ada juga gurah mata, gurah telinga dan gurah organ vital wanita. Tujuannya sama yaitu mengeluarkan kotoran dari tempat yang dilakukan penggurahan. Misal gurah mata, maka gurah bertujuan untuk membersihkan seluruh kotoran yang melekat disekitar organ mata yang berguna agar mata bersih dari segala kotoran, penyakit dan menambah tajam penglihatan.


GURAH DALAM THIBUNNABAWI

Pada pelatihan yang di ikuti oleh kalangan medis (dokter) dan non medis ini, Irfan selaku praktisi thibunnabawi yang berpengalaman menjelaskan tentang gurah tidak berdasarkan ilmu ke kinian semata, namun  juga menjelaskan gurah dari perspektif islam. Pria mantan dalang ini menjelaskan salah satu hadist Nabi saw yang berkenaan dengan gurah.

Dalam As- Sunnah dan Al- Musnad diriwayatkan dari hadist Jabir bin abdillah diriwayatkan bahwa ia menceritakan : Rasulullah saw pernah menemui Aisyah ra yang kala itu menemani seorang bayi yang hidungnya mengeluarkan darah. Rasulullah saw bertanya : “ada apa ini?” Aisyah menjawab : “ia terkena penyakit udrah atau bagian kepala”. Beliau berkata “celaka kalian, jangan kalian bunuh anak – anak kalian. Wanita manapun yang terkena penyakit udzrah atau sakit dikepala hendaknya mencari Qisth India, dicampur dengan air lalu digunakan sebagai gurah”. Maka aisyah memerintahkan agar dicarikan bahan tersebut dan digunakan untuk mencekok bayi itu, dan bayi itupun sehat.


BAHAN RAMUAN GURAH HIDUNG DAN PENELITIANNYA

Irfan menyampaikan beberapa penelitian tentang bahan yang digunakan untuk gurah hidung, yaitu kulit akar segunggu, yaitu :
  1.  Sari Metanol kulit akar segunggu mempunyai khasiat anti bakteri terhadap staphylococcus aureus dan memiliki senyawa aktif yaitu flavonoid
  2. Pemberian ekstrak kulit akar segunggu pada trakea marmot dapat menyebabkan penghambatan terhadap respon kontraksi maksimum histamine dan metakolin sebanding dengan ekstrak yang diberikan.
  3.  Pemberian ekstrak kulit akar segunggu dapat menurunkan viskositas (mengencerakn) larutan lendir. Semakin besar kadar larutan uji, maka semakin besar pula penurunan viskositas yang terjadi (lendir semakin encer)

Pohon Segunggu
CARA MELAKUKAN GURAH
Ada beberapa cara gurah yang umum dilakukan, namun tujuan dari cara - cara tesebut memiliki kesamaan tujuan yaitu mengeluarkan kotoran yang ada didalam tubuh. Berikut penjelasannya :

1. GURAH BERDASARKAN TEMPAT GURAHNYA :

Pertama, Gurah  Hidung
Dilakukan dengan cara memasukkan ramuan kedalam hidung, jenis gurah ini paling efektif untuk membersihkan saluran pernafasan termasuk untuk mengatasi asma.

Kedua,  Gurah Mata
Dilakukan dengan cara meneteskan ramuan khusus gurah mata ke atas bola mata, bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang ada di mata.

Ketiga,   Gurah Telinga
Dilakukan dengan cara meneteskan ramuan khusus gurah telinga kedalam lubang telinga untuk mengatasi problem sekitar telinga.

Ke empat, Gurah Kewanitaan
Dilakukan dengan cara mengasapkan, menyemprotakn cairan atau bahan ramuan kedalam organ kewaniitaan. Tujuannya untuk menjaga kesehatan dan membersihkan organ kewanitaan,

Gurah Hidung

2. GURAH BERDASARKAN CARA PENGGURAHAN

Pertama, Gurah Lalap
Adalah terapi gurah dengan cara mengkonsumsi ramuan bahan alami sebagai lalapan. Caranya bisa dimakan bersamaan dengan mengkonsumsi nasi, bisa juga dimakan terpisah.

Ke dua, Gurah Ramuan
Adalah  teknik mengeluarkan lendir dan dahak dengan cara meminumkan ramuan kepada pasien.

Ke tiga, Gurah Tetes/Cor
Adalah teknik gurah dengan cara meneteskan ramuan ke dalam lubang hidung, telinga atau atas bola mata.

Ke empat, Gurah Kapsul
Adalah ramuan gurah ditumbuk halus kemudian dimasukkan kedalam kapsul, lalu kapsul tersebut di konsumsi. Lendir yang kotor akan dikeluarkan melalui keringat dan terbawa saat buang air kecil dan buang air besar.


MANFAAT TERAPI GURAH

Setiap tindakan pasti nya memiliki tujuan dan manfaat, begitu juga dengan terapi gurah. Berdasarkan penelitian dan pengalaman berikut beberapa manfaat terapi gurah yang di sampaikan oleh Irfan  :

Pertama, Penyakit yang bisa diobati dengan Gurah Hidung :
  1. TBC,asma, sesak napas, mengguk dan penyakit paru-paru. 
  2. Sakit kepala, mudah pusing, stress, migrain.
  3.  Flu, pilek, alergi debu, hidung meler berkepanjangan
  4. Gangguan lambung, gangguan saluran pernafasan, saluran percernaan.
  5. Melarutkan lendir yang mengganggu saluran pernafasan.
  6. Melarutkan lendir dan jamur serta kerak/kotoran yang menempel pada lapisan/selaput paru-paru bagain dalam dan luar.
  7. Membersihkan semua kotoran-kotoran yang ada pada kandung kemih/kandung kencing.
  8. Menghancurkan batu ginjal dan batu pada kantong seni/kencing.
  9. Mencegah dan menyembuhkan : sesak nafas, batuk kering, batuk basah, brochitis, flek paru-paru, iritasi paru-paru.  
  10. Mencegah dan menyembuhkan sumbatan hidung, pholip, bengkak hidung akibat polusi udara dan bau-bauan. 
  11.  Mencegah dan menyembuhkan penyakit amandel atau tonsil. 
  12. Mencegah dan menyembuhkan penyakit dari gangguan sihir, kena guna-guna, kena santet dan gangguan jin.

Kedua, Penyakit yang bisa diobati dengan Gurah Mata :
  1. Mata merah/iritasi ringan 
  2. Mata rabun Vertigo   Mata minus 
  3. Mata lelah 
  4. Mata berair  
  5. Mata plus  Silindres

Ketiga, Penyakit yang bisa diobati dengan gurah telinga:
  1. Memberikan rasa tenang dan nyaman
  2. Menyeimbangkan energi
  3. Mengurangi ketegangan, stress dan depresi
  4. Meringankan pusing dan migrain.
  5. Membantu meringankan penderita tuli, sekaligus mempertajam pendengaran.
  6. Meringankan infeksi telinga tengah (otitis media)
  7. Penyakit telinga berupa nanah kuning kental berbau busuk (congek)
  8. Tinitus (telinga yang berdengung)
  9. Insomnia (penyakit sulit tidur).

Ke empat, Penyakit yang bisa diobati dengan gurah kewanitaan:
  1. Memperlancar darah disekitar area kewanitaan 
  2. Mengencangkan otot-otot vagina
  3. Mengurangi lendir yang berlebihan yang dapat menimbulkan jamur dan bakteri penyebab  gatal-gatal
  4. Mengurangi keputihan 
  5. Menghilangkan bau yang tidak sedap 
  6. Membuat suami merasa nyaman saat berhubungan, seperti perawan kembali

      RAMUAN GURAH
      
    Pada pelatihan ini para peserta juga diperkenalkan dengan herbal - herbal yang dapat di gunakan untuk gurah ,serta cara meramunya. Banyak pertanyaan dari para peserta pada materi ini dan Irfan sang praktisi  thibunnabawi menjawab nya dengan singkat dan jelas. Berikut beberapa ramuan yang diperkenalkan :

        
       Ramuan gurah Mata : 1-2 kuntum bunga kitolot, ½ biji jeruk nipis, Air steril/suling/aquades, Madu asli (jika ada) secukupnya

      Cara membuat ramuan : Ambil air 1 gelas (air suling aquades atau air beroksigen tinggi) tutup dan letakkan diluar rumah selama semalam (jam 7 malam-jam 4 subuh),  Kemudian ambil ½ biji jeruk nipis, peras dan lakukan seperti air pertama, Setelah semalam, ambil kedua gelas, Kemudian ambil gelas yg berisi air jeruk nipis, ambil air perasan yg bening dengan suntik kemudian campurkan dengan air di gelas satunya.  Ambil daun kitolod, rendam selama 5-10 menit dalam gelas tersebut. Kemudian angkat bunga kitolod setelah 5 - 10 menit. Terakhir ambil +/- 10ml air ramuan, masukkan ke dalam botol tetes mata.

Pohon Kitolot
          
      Ramuan Gurah Telinga : 20gr daun tanduk rusa,15gr daun pegagan, 5gr akar/daun ekor kuda (bisa   diganti dgn rumput mutiara), air 200ml,  habbatusauda secukupnya

       Cara Membuat ramuan : Cuci daun tanduk rusa,pegagan dan daun ekor kuda dengan air bersih, kemudian masukkan bahan - bahan kedalam panci yang berisi air 200ml, rebus dengan air kecil sampai air tinggal setengahnya (+/_ 100ml). Kemudian ambil 10-12ml air ramuan, campur dengan 1-2 tetes minyak habbatusauda, kemudian kocok. Terakhir masukkan ramuan kedalam botol tetes dan ramuan siap digunakan

             
Daun Tanduk Rusa
       Ramuan Gurah Kewanitaan  

Terlebih dahulu siapkan alat - alat yang dibutuhkan, yaitu  Gelas, Mortar/alat penghalus/penumbuk   pil, Spray, Sarung tangan. Kemudian bahan yang dibutuhkan : Air suling (100 ml), Air Kapur Sirih (50 ml), Daun Sirih (1 helai), Kulit Batang Pohon Beringnin (2 Jari), Kulit Batang Pohon Jambu Biji (2 jari), Buah Manjakani (1 buah), Pinang Muda (1 buah), Gambir (secukupnya)                                


Cara membuat Ramuan :
  1.  Haluskan daun sirih, kulit pohon beringin, kulit pohon jambu biji dan kulit pinang muda dengan mortar
  2. Pecah buah manjakani dengan palu agar menjadi pecahan2 kecil
  3.  Masukkan potongan2 buah manjakani dengan mortar bercampur dengan bahan2 pertama
  4. Masukkan gambir secukupnya (1gr)
  5. Campur semua bahan yang sudah dihaluskan dengan air suling dan air kapur sirih
  6. Embunkan selama semalam (jam 19.00 – 05.00 wib)
  7.  Masukkan air ramuan kedalam botol spray
  8.  Ramuan siap digunakan

                         
Buah Manjakani



     Ramuan Gurah Hidung  : Kulit Akar Segunggu ( 3-4 gr), Daun Segunggu (1 helai), Air (100 ml), Cabe Rawit Hijau (1/2 biji), Madu (jika ada/ secukupnya)

      Caranya :
     Ambil kulit akar segunggu kurang lebih setengah sendok makan, taruh dalam gelas, lalu ambil kencur dan haluskan bersama  cabe rawit hijau, masukkan dalam gelas bersama kulit akar segunggu. Rebus air 100ml, setelah mendidih tuangkan kedalam gelas ramuan sebanyak  50ml, Setelah 10 menit saring dan dinginkan. Nanti ketika akan di gunakan ambil air seduhan dengan menggunakan suntik insulin (3ml).
       
       PRAKTEK GURAH 

      Setelah menjelaskan tentang herbal - herbal yang dibutuhkan untuk gurah, kegiatan dilanjutkan dengan  praktek. Terapi gurah yang dipraktekkan adalah gurah hidung, gurah yang membutuhkan ketelitian dan waktu yang relatif cukup lama. Saat praktek alat yang harus disiapkan adalah ramuan gurah, pipet/suntik (3 ml), wadah untuk membuang lendir dan tissu. Berikut penjelasan nya :

      Cara Menggurah : Pertama,letakan ramuan gurah kedalam gelas, lalu kondisikan kepala pasien yang hendak digurah untuk mendongak dengan mulut terbuka. Jika sudah siap masukan obat kedalam hidung si pasien dengan menggunakan pipet/suntik kira-kira 3 sampai 4 mili per hidung.Setelah cairan masuk ke dalam hidung, instruksikan pasien untuk menahannya di kerongkongan selama 10 detik, setelah itu ditelan hingga, sepuluh detik  instruksikan pasien untuk tengkurep atau menundukkan kepala, Lalu tunggu hingga lendir keluar,sambil menunggu keluarnya lendir lakukan pijatan-pijatan di arah tengkuk, belikat, leher dan kelenjar dibawah otak serta tulang vertabrata, selanjutnya lemaskan daerah organ keseimbangan dengan telapak tangan.Jika  lendir telah selesai dikeluarkan, berikan pasien minuman teh/ jahe. 
               

      Selain memastikan keadaan fisik pasien dengan cara mencek nadi, dahi dan ulu hati informasikan juga hal - hal berikut :Pertama, bernafaslah lewat mulut (jangan pernah benafas lewat hidung ketika sedang digurah dan usahakan bernafas dengan perlahan).Kedua, jangan pernah meludah kecuali lendir yang dirasakan banyak menyangkut dileher (yang tidak bisa atau sangat susah dikeluarkan). Ketiga, boleh mengeluarkan hingus dari hidung dengan bantuan tangan.                         
                                                                                                                     
    Demikian  tulisan singkat tentang gurah yang penulis kutip dari materi pelatihan gurah SBI JABODETABEK, semoga bermanfaat dan yang ingin gurah bisa menghubungi saya atau  hubungi klinik terdekat dikota anda. Download Materi Pelatihan Gurah (klik disini)


                                                         
                                               VIDEO GURAH MATA





GURAH HIDUNG








         
TERAPI GURAH TERAPI GURAH Reviewed by Unknown on 8:00 AM Rating: 5

No comments:

ads