ads
ads

FUN SCIENCE TK AL JANNAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK



Pada hari Senin, 11 Januari 2016 para peserta didik anak usia dini TK Islam, Alam dan Sains Al Jannah mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan baru yang menyenangkan melalui kegiatan Fun Science yang dirancang menggunakan pendekatan saintifik.

Fun science merupakan kegiatan pendukung di TK Islam,Alam dan Sains Al Jannah. Kegiatan ini mengenalkan dasar – dasar sains dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap hari senin pada pagi hari. Dan pada hari pertama di semester dua ini, kegiatan yang di bimbing oleh Tim Sains Sekolah Al jannah tersebut mengangkat tema tentang Manfaat Sinar Matahari.

Selesai melakukan kegiatan ikrar di pagi hari, para peserta didik Taman Kanak – Kanak (TK) Al jannah  berbaris rapih di lapangan tempat pelaksanaan kegiatan fun science. Di pandu oleh para guru kelas mereka  duduk tertib sambil memperhatikan Tim Sains mempersiapkan peralatan/alat peraga. Peserta didik mulai dari Kelompok Bermain (KB), TK A dan TK B berbusana hijau terlihat antusias ketika Tim Sains mulai menyusun alat peraga mereka.















Tim Sains Sekolah Al Jannah yang dipimpin oleh Ibu Adelina Pane,S.P yang pada pertemuan kali ini membawa alat peraga yang cukup sederhana, namun membuat para peserta didik antusias menyimak dan ingin ikut mempraktekkan. Alat peraga yang mereka pergunakan adalah kapur tulis, segelas air dan tali rapiah. Sebelum memperagakan atau mendemokan kegiatan sains, ibu adelina di bantu tim memperjelaskan tentang matahari. Mulai dari bahasa (arab dan inggris), siapa yang menciptakan, rasa sinar matahari, manfaat sinar matahari dan kisah kaum yang menyembah matahari di sampaikan nya dengan sangat sederhana sesuai tahapan perkembangan kognitif peserta didik.

Usai menjelaskan, ibu yang telah mengajar di sekolah aljannah sejak Tahun 2001 tersebut, mulai mendemokan/memperagakan alat – alat yang dibawanya bersama tim. Tidak lupa beliau menanyakan kepada peserta didik nama – nama alat tersebut. Pertama, perlahan – lahan beliau menuangkan air yang ada didalam gelas ke permukaan lapangan yang tersinari  cahaya matahari. Kemudian,sambil menjelaskan ibu Adelina mengukur diameter (lebar) tumpahan air menggunakan tali rapiah. Sambil terus menjelaskan dengan bahasa yang singkat dan jelas tentang maksud dari peragaan tersebut, ibu adelina melanjutkan membuat garis menggunakan kapur tulis mengikuti tali rapiah yang telah dibentangkan mengikuti tumpahan air. Mata – mata kecil para peserta didik yang duduk berbaris dengan rapih terus memperhatikan peragaan tersebut.


                                 

Selesai memperagakan, ibu adelina berserta tim mempersilakan setiap kelas untuk mempraktekkan nya bersama ibu/bapak guru nya. Setiap kelas di bagi menjadi dua kelompok dan setiap kelompok mendapatkan alat peraga yang dibutuhkan. Dan ada beberapa kelompok yang menuangkan airnya ditempat yang tidak terkena sinar matahari, tujuannya sebagai perbandingan, mana yang lebih dahulu berkurang airnya.













Semua peserta didik melakukannya dengan sangat antusias pembelajaran sains yang dirancang menggunakan pendekatan saintifik oleh para guru mereka dan tim sains. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan.


Berikut beberapa tujuan dari kegiatan Fun Science :

  1. Menanamkan nilai - nilai keimanan kepad Allah SWT sang maha pencipta
  2. Memperkuat pengetahuan dan gagasan tentang alam sekitar dalam diri peserta didik.
  3. Menumbuhkan minat peserta didik untuk mengenal dan mempelajari benda - benda serta kejadian diluar lingkungannya.
  4. Menstimulus pemahaman peserta didik tentang konsep sains dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari - hari.
  5. Mengembangkan sikap ingin tahu, tekun, terbuka, kritis, mawas diri, bertanggung jawab, berkerjasama dan mandiri.
  6. Menstimulus peserta didik agar mampu menerapkan konsep sains untuk menjelaskan gejala - gejala alam. 


  



FUN SCIENCE TK AL JANNAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK FUN SCIENCE TK AL JANNAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK Reviewed by Unknown on 6:04 AM Rating: 5

No comments:

ads