ads
ads

SERING MENGALAMI TIDUR TIDAK ALAMI ? TEKAN EMPAT TITIK BERIKUT !


Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, ibnu qoyyim didalam kitabnya Zadul Ma’ad menjelaskan tentang manfaat tidur. “Manfaat tidur yang paling nyata ada dua macam. Pertama ketenangan tubuh dan istirahatnya. Kedua, mencerna makanan dan mematangkan proses metabolisme”.

Ibnul Qoyyim lebih lanjut menjelaskan tentang jenis tidur : “Tidur ada dua macam : Alami dan tidak alami. Tidur yang alami adalah menahan seluruh kekuatan diri agar tidak beraktivitas, baik kekuatan indera maupun gerakan yang didorong kehendak. Selagi kekuatan – kekuatan ini ditahan agar tidak menggerakkan badan maka ia akan mengendur. Kelembaban dan udara akan mengumpul di otak, yang menjadi sumber dari kekuatan – keuatan itu, hingga terjadi pengendoran di atas. Sedangkan tidur yang tidak alami adalah tidur karena adanya hambatan atau penyakit”

Tidur yang tidak alami yang dimaksud Ibnu Qoyyim pada zaman sekarang dikenal dengan sebutan Insomnia. Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Atau sering merasa ngantuk terutama dipagi hari atau saat beraktifitas meski malamnya sudah tidur dengan cukup

Tidur yang tidak alami memerlukan penanganan agar tidak berkelanjutan hingga memperparah gangguan pada tubuh. Selain terapi secara psikologis jika tidur tidak alami disebabkan gangguan emosional, perlu juga terapi secara fisik semisal melakukan pemijatan mandiri. Berikut titik – titik diarea tubuh yang dapat dipijat atau ditekan – tekan  untuk mengatasi tidur tidak alami :

Pertama, titik HT 7 yang berada dilekukan garis pergelangan tangan bagian dalam, segaris dengan jari kelingking.

Hasil gambar untuk titik ht 7
TITIK HT 7

Kedua, titik PC 6 yang berada tiga jari di atas pertengahan pergelangan tangan bagian dalam

Hasil gambar untuk titik pc 6
TITIK PC 6

Ketiga, titik LI 4 yang berada dipunggung tangan pada tonjolan tertinggi ketika ibu jari dan telunjuk dirapatkan

Hasil gambar untuk titik LI 4
TITIK LI 4

Ke empat, titik LR 3 yang berada dicekungan antara pertemuan tulang telapak kaki ibu jari  dan jari telunjuk kaki

Hasil gambar untuk titik LR 3
TITIK LR 3
Tidur tidak alami, tekan 4 titik tersebut sebanyak 33 kali. Bisa dilakukan saat hendak mau tidur dan pagi hari.

Selamat Mencoba, Salam Sehat Holistik.


Ditulis oleh aa fajar (Praktisi Kesehatan Klasik)
SERING MENGALAMI TIDUR TIDAK ALAMI ? TEKAN EMPAT TITIK BERIKUT ! SERING MENGALAMI TIDUR TIDAK ALAMI ? TEKAN EMPAT TITIK BERIKUT ! Reviewed by AA FAJAR on 6:26 PM Rating: 5

No comments:

ads