ads
ads

ISTINSYAQ MEMBERSIHKAN DAN MERANGSANG TITIK AKUPUNKTUR DIHIDUNG


Hidung merupakan bagian tubuh yang Alloh swt berikan kepada manusia dengan berbagai fungsinya, salah satunya sebagai tempat keluar masuknya udara. Didalam kesehatan klasik disebut kan  paru - paru menggunakan hidung sebagai pembuka. Disebutkan juga hidung adalah pengalir dimana udara datang dan pergi yang diarahkan ke paru - paru.

Karena fungsi nya tersebut, maka tidak dapat dihindari jika bagian dalam hidung sering terganggu karena kotoran yang terbawa oleh udara. Terlebih pada zaman now, udara bersih dari polusi hampir nihil diperoleh. Sering pilek, flu, sering bersin, sinusitis, infeksi saluran pernapasan  merupakan beberapa keluhan yang disebabkan kotoran pada udara yang masuk dan menumpuk disaluran pernafasan.

Lalu bagaimana solusi nya ?

ISTINSYAQ SOLUSI ALAMI 

Istinsyaq merupakan sunnah berwudhu, yaitu memasukkan air ke hidung dengan cara menghirupnya. Sebagaimana Sabda Rasululloh saw :

“Barangsiapa diantara kalian berwudhu, maka hendaklah ia masukan air ke dalam hidungnya (Istinsyaq), lalu ia keluarkan (Istintsar), barangsiapa yang beristijmar, maka ganjilkanlah” (H.R Bukhori, Muslim, Nasa’I dan selainnya).

Muhammad salim, seorang yang meraih gelar master dari fakultas Kedokteran Universitas Iskandariyah, Kairo, Mesir. Melakukan penelitian tentang istinsyaq.

Penelitian Muhammad Salim menjelaskan, bahwa orang yang berwudhu dengan memasukkan air ke dalam rongga hidungnya, kendati hanya sekali, maka hal itu dapat membersihkan hidung dari separoh penyakit.

Selanjutnya, bila memasukkan air ke dalam rongga hidung sebanyak dua kali, maka dapat menambah sepertiga kebersihan. Kemudian, jika memasukkan air sebanyak tiga kali, maka hidung benar-benar bersih dari kuman.

Lebih tegas lagi, Muhammad Salim menjelaskan, orang yang rajin berwudhu dengan melakukan istinsyaq dan istintsar dapat menghilangkan 11 kuman penyakit membahayakan yang ada di dalam lubang hidung, terutama dalam hal gangguan pernafasan, radang paru-paru, panas rumatik, penyakit rongga hidung, dan lain-lain. Sebaliknya, orang yang tidak berwudhu, akan lebih mudah terkena penyakit gangguan pernafasan.

ISTINSYAQ MERANGSANG TITIK AKUPUNKTUR DIHIDUNG

Berwudhu memang menyehatkan, membuat kulit menjadi bersih begitu juga dengan hidung. Selain sehat karena bersih, disebabkan juga oleh terangsangnya titik Akupunktur yang ada. Ketika membersihkan hidung dengan istinsyaq dan istinsar, sedikitnya ada tiga titik Akupunktur yang terangsang, yaitu :

Pertama, Yingxiang atau LI 20. Terletak disamping bawah cuping hidung. Titik ini berfungsi untuk melancarkan pernafasan, menghilangkan penyakit karena angin, mimisan, hidung tersumbat, sariawan, amandel, sinusitis dan lumpuh muka.

Kedua, Suliao atau DU 25. Terletak dipuncak hidung. Titik ini berkhasiat mencegah dan mengatasi permasalahan hidung seperti polip, sinusitis dan hidung tersumbat.

Ketiga,  Bitong atau EX HN 8. Terletak didekat ujung atas lekuk hidung dekat tulang rawan. Titik ini berkhasiat mencegah dan mengatasi polip, sinusitis, flu, hidung tersumbat,sakit kepala dan meningkatkan energi tubuh.

Dimana pasnya letak ke 3 titik Akupunktur tersebut ?

Lakukan saja istinsyaq saat berwudhu dan rasakan manfaatnya, yakini didalam sunnah terletak kebaikan yang bermanfaat untuk tubuh.

(aa fajar, praktisi kesehatan klasik)


ISTINSYAQ MEMBERSIHKAN DAN MERANGSANG TITIK AKUPUNKTUR DIHIDUNG ISTINSYAQ MEMBERSIHKAN DAN MERANGSANG TITIK AKUPUNKTUR DIHIDUNG Reviewed by AA FAJAR on 5:18 PM Rating: 5

No comments:

ads