ads
ads

KHASIAT CABE MENURUT KESEHATAN KLASIK



Siapa yang tak kenal dengan bumbu masak yang satu ini, berasa pedas namun banyak dicari oleh para penggemar masakan pedas. Alloh swt anugerahkan bumbu tersebut berada didapur rumah kita, hampir setiap masakan tak luput menggunakan bumbu yang merupakan tumbuhan anggota genus capsicum tersebut.

Setiap yang Alloh swt ciptakan untuk manusia pastinya memiliki manfaat untuk tubuh manusia, termasuk cabe dipandang berdasarkan Kesehatan klasik memiliki manfaat sesuai sifat dan rasanya. Berikut uraian singkat tentang dan manfaat cabe berdasarkan Kesehatan klasik :

Sifat energi : panas
Rasa : pedas
Arah : naik ke atas

Efek : mengusir dingin, menghangatkan ciao tengah, menghilangkan stagnasi makanan, memproduksi keringat, mengeringkan lembab.

Cara memasak : dijadikan sebagai bumbu mentah/tidak diolah, digoreng,direbus atau jadi sop

Kandungan : kaya akan capsaicim, minyak esensi, vitamin A, C dan E, zat fosfor, kalsium.

Indikasi : 1) gangguan angin dingin : flu, demam, takut dingin, gemetar. 2) Penyebab Penyakit Luar/PPL berupa angin dingin dan pengaruh basah, gangguan dingin : rematik, arthrosis yang makin parah jika terkena PPL angin dingin. 3) Stagnasi basah dan dingin di ciao tengah dengan keluhan : kurang nafsu makan, lelah dan lesu, rasa berat dan nyeri otot di tangan dan kaki. 4) Lambung dan limpa dingin dengan keluhan : nafsu makan turun, sensasi dingin di lambung, diare, mual, muntah.

Kontra indikasi : 1) Umumnya, semua jenis cabai dan merica sebaiknya digunakan sedikit saja, walaupun keduanya sebagai bumbu masak dan fungsinya menghangatkan. 2) Dilarang untuk pasien yang mengalami panas tipe sindrom defisiensi yin/kekurangan ruthubah dan gejala sindrom panas seperti mata kering, sariawan dan organ pencernaan luka bisul.

Ada dua jenis cabe yang umum digunakan yaitu cabe rawit dan cabe merah. Keduanya memiliki khasiat yang sedikit berbeda. Cabe rawit berkhasiat untuk tonik/penguat, Kesehatan jantung, memperlancar aliran darah, anti rematik, menghancurkan bekuan darah, meningkatkan nafsu makan, perangsang kulit, peluruh kentut, peluruh keringat, peluruh liur, peluruh kencing.

Ada pun khasiat cabe merah : untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan nafsu makan, peluruh keringat dan untuk obat gosok.

Demikian uraian singkat khasiat cabe menurut Kesehatan klasik, Semoga bermanfaat. SALAM SEHAT HOLISTIK

aa fajar (Praktisi Kesehatan Klasik)

KHASIAT CABE MENURUT KESEHATAN KLASIK KHASIAT CABE MENURUT KESEHATAN KLASIK Reviewed by AA FAJAR on 7:13 AM Rating: 5

No comments:

ads