ads
ads

PERLAKUKAN RAJA ANDA DENGAN BAIK MAKA KELAK ANDA AKAN JADI RAJA DAN RATU



Menantu rasululloh saw yakni Ali bin Abi Thalib, RA berkata :

“Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, Karena mereka hidup bukan di jamanmu”

Ali RA yang terkenal dengan keberanian dan keluasan ilmunya  memiliki konsep pendidikan anak yang sangat visioner, beliau mengajarkan agar para orangtua mendidik anak – anaknya sesuai dengan jaman yang dihadapi sang anak. Tidak hanya itu, beliau juga memiliki prinsip didalam mendidik anak yang kemudian prinsip beliau tersebut dikenal dengan tiga pengelompokkan dalam memperlakukan anak


Menurut Ali RA ada tiga  pengelompokan dalam memperlakukan anak, yang disesuaikan dengan usia:

1. Kelompok 7 tahun pertama (usia 0-7 tahun), perlakukan anak sebagai raja.

2. Kelompok 7 tahun kedua (usia 8-14 tahun), perlakukan anak sebagai tawanan.
3. Kelompok 7 tahun ketiga (usia 15-21 tahun), perlakukan anak sebagai sahabat.

ANAK SEBAGAI RAJA (Usia 0-7 tahun)

Kelompok usia inilah tahapan terpenting untuk para pendidik ketahui, terutama para orangtua selaku pendidik pertama dan utama dirumah. Salah memberikan pendidikan pada kelompok ini bisa diibaratkan seperti menanam pohon  salah memberi pupuk atau salah memperlakukan bibit tanaman maka hasilnya tidak bagus dan pohon yang sudah tumbuh tidak bisa dikecilkan kembali. 

Dalam kelompok anak sebagai raja berarti memperlakukan, melayani dan mengajari anak dengan sebaik-baiknya sesuai tahapan pertumbuhan dan perkembangannya. Ajak mereka bermain yang menyenangkan karena anak belajar dari permainan yang mereka lakukan. Banyak permainan yang bisa merangsang pertumbuhan dan perkembangan motorik kasar dan motorik halus, bahasa, kognitif dan yang tak kalah penting perkembangan sosial emosionalnya (baca : tentang tahapan membaca anak).  Dalam tahap ini, anak harus mendapatkan pengalaman yang menyenangkan bahwa dunia ini indah. Sebagai raja, anak harus mendapat kesan bahwa dunia ini aman untuk dirinya

Melayani anak pada kelompok ini dengan sepenuh hati dan tulus seperti memperlakukan seorang raja adalah hal terbaik yang dapat orangtua atau guru lakukan. Banyak hal kecil yang setiap hari jika di lakukan ternyata akan berdampak sangat baik bagi perkembangan prilakunya. (baca : tips sederhana membahagiakan anak)


Maka ketika orangtua selalu berusaha sekuat tenaga untuk melayani dan menyenangkan hati anak yang belum berusia tujuh tahun, insya Allah ia akan tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan, perhatian dan bertanggung jawab. Karena jika orangtua mencintai dan memperlakukannya sebagai raja, maka ia juga akan mencintai dan memperlakukan orangtuanya sebagai raja dan ratunya,terutama saat dewasa kelak. Inilah salah satu makna doa untuk kedua orang tua :

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَ
"Yaa Allah ampunilah kedua orangtua ku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka mendidik, memperlakukan aku sewaktu kecil"

Maka intinya adalah pada tahap ini anak belajar dari sikap  yang diperolehnya, jika sikap lembut yang diperolehnya maka ia akan tumbuh menjadi orang yang lembut. Lembut disini bukan berarti memanjakannya(baca http://sehateacher.blogspot.com/2017/08/memberi-kasih-sayang-kepada-anak-bisa.html) tapi  tetap tegas mengenai hal-hal yang baik dan tidak untuknya.

Semoga Bermafaat

Ditulis oleh aa Fajar (Praktisi PAUD)
PERLAKUKAN RAJA ANDA DENGAN BAIK MAKA KELAK ANDA AKAN JADI RAJA DAN RATU PERLAKUKAN RAJA ANDA DENGAN BAIK MAKA KELAK ANDA AKAN JADI RAJA DAN RATU Reviewed by AA FAJAR on 7:18 PM Rating: 5

No comments:

ads