ads
ads

INI DIA CARA SEHAT SAAT PUASA RAMADHAN DAN SETELAH NYA


Alloh swt berfirman, sebuah ayat yang sangat dikenal oleh umat islam :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al – baqarah :183)

Umat islam yang beriman kepada Alloh swt dengan sungguh – sungguh, atau yang beriman nya masih setengah – setengah, atau yang hanya sekedar islam, sangat mengenal dengan ayat perintah menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tersebut.

Penulis adalah guru sekolah Taman Kanak – Kanak (TK) / Pendidik Anak Usia Dini. Disekolah tempat penulis mengajar, para peserta didik nya mulai dari usia 4 Tahun hingga 6 Tahun sudah mengenal ayat perintah menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tersebut.

Artinya perintah menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan bagi seorang muslim adalah perintah yang sangat dikenal baik oleh yang muda maupun yang sudah tidak muda lagi. Dan dari sejak usia dini setiap muslim sudah diperkenalkan tentang nya, karena ibadah puasa pada bulan Ramadhan termasuk rukun islam.

Maka setiap menjelang bulan Ramadhan di negara yang mayoritas penduduk nya beragama islam selalu ramai dengan acara menyambut bulan Ramadhan, hampir setiap masjid dan mushola mengadakan kegiatan tarhib Ramadhan atau persiapan Ramadhan. Sebuah kegiatan sebagai pengingat tentang bulan Ramadhan beserta keutamaan – keutamaan nya dan aturan terkait puasa Ramadhan.

Namun, dari kegiatan tarhib atau kajian tentang persiapan Ramadhan yang pernah penulis ikuti hanya seputar keutamaan Ramadhan, aturan puasa yang  bersifat pengulangan dari tahun ke tahun.

Penulis belum menemukan kajian dengan bahasan yang berbeda seputar puasa Ramadhan. Seperti mengkaji manfaat puasa Ramadhan dan aktifitas didalam nya untuk kesehatan tubuh. Padahal hal tersebut sangat lah penting juga, mengingat tidak sedikit umat islam yang bermasalah dengan kesehatan nya pada saat puasa Ramadhan dan setelah puasa Ramadhan.
Padahal banyak para ahli kesehatan, para ulama kita yang menyatakan dan mengungkap kan bahwa puasa memiliki pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Rasululloh saw pun menginformasikan bahwa puasa menyehatkan tubuh sebagaimana yang dIriwayatkan dari Abu Hurairoh ra, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, “Berjalanlah (dalam perjalanan dagang) dan kalian akan beruntung, berpuasalah dan kalian akan sehat, dan berperanglah hingga kalian akan mendapat rampasan perang (menang)".

Namun, fakta nya keadaan umat islam yang menjalan kan ibadah puasa keadaan kesehatan nya tidak sesuai dengan hadist tersebut dan pernyataan para ulama dan ahli kesehatan. Tidak sedikit umat islam ketika bulan Ramadhan yang menderita sakit, atau setelah Ramadhan menderita sakit yang tidak ringan seperti stroke, diabetes dan kanker.

Sedikitnya mereka sering mengalami berbagai keluhan kesehatan pada tubuh nya, seperti sering pusing atau sakit kepala, mudah terkena flu, mudah sakit, sering kesemutan dan mengalami masalah pencernaan.

Penulis selain aktif guru anak usia dini, juga aktif sebagai praktisi penyehat tradisional. Karena nya penulis sering menangani klien yang ingin memperoleh kesehatan menggunakan konsep tradisional. Dan tidak sedikit klien yang penulis tangani pada bulan Ramadhan dan setelah Ramadhan. Bahkan ada beberapa setelah Ramadhan yang mengalami stroke.

Maka, dari keadaan tersebut timbul pertanyaan. Mengapa puasa yang menyehatkan tubuh tidak berdampak kepada mereka ?. Bagaimana sebenarnya dampak kesehatan puasa bagi tubuh ?. Apa yang perlu dievaluasi dari kegiatan mereka pada bulan Ramadhan yang menghilangkan pengaruh positif puasa untuk kesehatan tubuh ?

Jawaban tersebut ada pada buku sederhana ini :

Judul Buku   : Sehat Saat Puasa Ramadhan dan Setelah nya

Penulis          : aa fajar

Penerbit       : Mujahid Press

ISBN             : 978 - 979 - 762 - 653 - 2

Melalui buku sederhana tersebut penulis mencoba menjelaskan keadaan tersebut. Dengan tujuan, siapapun yang membaca buku tersebut dapat memperbaiki kualitas puasa Ramadhan dan kegiatan yang dilakukan didalam nya, sehingga manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan tubuh dapat dirasakan nya. Tidak hanya sehat saat puasa Ramadhan, setelah nya pun tetap memperoleh kesehatan.

Tujuan ibadah puasa yang utama adalah agar umat islam menjadi orang yang bertakwa. Memperoleh kesehatan merupakan bonus dari ketakwaan yang dilakukan nya dengan cara menjalankan ibadah puasa Ramadhan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasululloh saw, mulai dari sahur hingga berbuka puasa.

Sebaik – baik panutan untuk kita adalah Nabi Muhammad saw, manusia terbaik yang memiliki tubuh sehat meski tubuhnya beraktifitas berat dan padat serta penuh tantangan dan rintangan setiap hari, bahkan saat puasa Ramadhan. Buku ini menjelaskan kegiatan beliau pada puasa Ramadhan yang dapat dijadikan teladan bagi yang ingin berhasil mendapat gelar takwa dengan bonus tubuh sehat.

Pemesanan Buku : 0813 1811 2243
INI DIA CARA SEHAT SAAT PUASA RAMADHAN DAN SETELAH NYA INI DIA CARA SEHAT SAAT PUASA RAMADHAN DAN SETELAH NYA Reviewed by AA FAJAR on 2:09 AM Rating: 5

No comments:

ads